Plz do abide to our Terms & Condition:

    • Do not paste URL Links directly in any content instead post them as Hyperlink inside a text.
       
    • To post a Link directly use instead Bookmark.
       
    • If we find anyone posting beyond the warning we will immediately terminate your account without any warning. 

Pages

    No pages created yet
    No bookmarks

    Highest Rating

        Wall

          This wall is empty

          • Untuk menciptakan hasil panen ikan lele setinggi-tingginya, anda sepantasnya memahami dulu volume air di dalam kolam terpal. Tidak menghitung luas kolam terpal. Arah dari mengira-ngira isi atau kapasitas kolam terpal adalah untuk mencapai padat tebar ikan lele yang ideal.

            Berikut ini rumus Memperkirakan volume kolam terpal bundar yang bagus anda gunakan.

            Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bundar

            V = π x r x r x t

            Contoh :

            ukuran kolam terpal bundar yang anda akan pakai berdiameter 5m dan tinggi 1 meter, maka kekuatan kolam terpal bundar anda adalah sebagai berikut :

            V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

            Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air dengan penuh. Untuk Mempertimbangkan berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda gunakan untuk  Menaksir adalah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bulat.

            Contoh :

            Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

            Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

            Dalam bisnis ikan lele pada level rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level yang tergolong normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level tinggi atau yang sering dinamakan dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda bisa mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

            Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda bisa mengisi kolam terpal bulat anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada level yang masih rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda menggunakan system bioflok atau natural water system (NWS) disaat berternak ikan lele.

            Contoh diatas hanya sekedar panduan. Pada saat mempraktekkannya mungkin anda akan menemui jumlah padat tebar yang bervariasi pada tiap – tiap pembudidaya ikan lele. Itu sangatlah wajar, sebab setiap peternak ikan lele pastilah punya pengalaman dan kebiasaan yang berbeda antara pembudidaya ikan lele yang satu dengan yang lain.

            Nah apa sajakah sebenarnya factor penentu padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Simak beberapa penjelasan dalam artikel berikut :

            Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

             

            kandungan oksigen dalam kolam-terpal

            1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

            Seperti halnya dengan manusia, ikan pun memerlukan cukup oksigen untuk dapat bertahan hidup dengan baik. Ukuran benih ikan yang kecil pastinya cukup mendapati oksigen di air kolam. Tapi, pas ikan makin tumbuh besar dan dengan catatan tidak ada lele yang mati, tentunya kebutuhan oksigen untuk ikan juga makin banyak.

            Bagaimana tips atau strategi agar kebutuhan oksigen pada air kolam tetap terpenuhi?

            Buat mencukupi keperluan oksigen dalam air kolam umumnya para pembudidaya ikan lele mensiasatinya dengan mengganti air kolam sebanyak 27-30% secara berkala. Bila ikan belum waktunya panen tetapi ikan tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap tidak berubah, itu tandanya ikan perlu dipindahkan ke kolam yang lainnya.

            2. Dari Sudut Pandang Lingkungan

            Suasana diseputar kolam terpal biasanya juga mempengaruhi jumlah padat tebar ikan lele. Sejumlah petani terkadang mengurangi padat tebar ikan lele disaat cuaca tidak kondusif seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

            reduksi padat tebar pas musim – musim ekstrim sangat perlu dilakukan untuk memproteksi para peternak ikan lele dari resiko gagal panen.

            3. Metode Budidaya

            Dalam aplikasinya, teknik mengembangbiakkan ikan lele bisa saja mengefek pada daya tamping kolam lele bundar. Missal, mengembangbiakkan ikan lele dengan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih baik dibandingkan dengan metode beternak ikan lele lainnya. Penyebabnya karena metode pengembangbiakkan dengan system bioflok punya pakan alami yang melimpah yang berasal dari kumpulan plankton dan mikro organisme dalam flok.

            System RAS atau system yang memercayakan perputaran air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Dilansir dari efishery.com padat tebar ikan lele yang menggunakan system RAS dapat mencapai 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

            perputaran air amat dekat hubungannya dengan kesiapan oksigen dalam kolam. Dengan sirkulasi air yang apik, oksigen yang ada dalam air bisa bertambah. Hasilnya padat tebar ikan lele dapat dimaksimalkan.

            4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam…. (selanjutnya)


            Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini :
            daftar harga kolam terpal prassterpal
            Temukan juga kami di
            bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

             

            kolam terpalkolam terpal ambarawakolam terpal bandungkolam terpal bioflokkolam terpal bulatkolam terpal bundarkolam terpal djoeragan iwakkolam terpal gresik,kolam terpal jakartakolam terpal karetkolam terpal koikolam terpal kotakkolam terpal lelekolam terpal malangkolam terpal murahkolam terpal palembangkolam terpal sederhanakolam terpal siap pakaikolam terpal surabaya

          No friends yet.

          Albums

            No items to display

            Videos

              No videos

              Let kolam terpal know what you think!

              There are no polls of kolam terpal yet.